Dari Apple ke Coke, Merek Global Menghadapi Tantangan Lebih Berat di China Menjadi: Dari Apple ke Coke, Brand-brand Global Kesulitan di China

Berita Hot31 Dilihat

China's Nio takes on Tesla

Merek Barat Berjuang Untuk Memenangkan Pelanggan di China

Brand-brand Amerika atau Eropa kini harus bekerja lebih keras untuk menarik pelanggan di China. Di mana perusahaan-perusahaan ini dulunya dapat mengharapkan pasar besar yang lapar akan produk mereka, selera yang berubah dan persaingan baru dari pesaing China membuat mereka harus mengadopsi strategi baru untuk berhasil di ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tantangan yang lebih keras yang dihadapi oleh nama-nama besar seperti Starbucks (SBUX) dan Apple (AAPL) tidak ada hubungannya dengan perang dagang. Setidaknya, belum. Ini tentang persaingan baru dan peningkatan kekayaan.

“Tidak lagi cukup hanya muncul,” kata Benjamin Cavender, seorang analis berbasis di Shanghai di perusahaan konsultan China Market Research Group, merujuk pada merek-merek yang sudah terkenal di Barat. “Selera konsumen China berkembang dengan cepat.”

Coca-Cola (CCE) adalah salah satu perusahaan teratas yang harus beradaptasi dengan realitas baru ini.

“Kami telah melihat perubahan luar biasa dalam pola konsumsi,” kata Curtis Ferguson, CEO Coca-Cola di China, kepada CNN di World Economic Forum pekan lalu di kota Tianjin China.

Coke telah meluncurkan lebih dari 30 merek minuman baru di China dalam enam bulan terakhir dan kini memiliki sekitar 275 secara total, kata Ferguson. Mereka bervariasi mulai dari Coke biasa hingga varietas lebih eksotis dengan perasa seperti kacang kuning dan serat apel. Coke bahkan memiliki lini tehnya sendiri di China.

Itu merupakan perubahan besar dari pendekatan sebelumnya perusahaan berbasis di Atlanta ini yang mengandalkan kekuatan mereknya.

coca cola plus china
Coke telah meluncurkan lebih dari 30 merek minuman baru di China dalam enam bulan terakhir. Iklan ini adalah untuk minuman serat apel.

Filsafatnya adalah “biarkan mereka minum Coke,” kata Ferguson. Ia berpendapat bahwa perusahaan Barat tidak bisa menganggap merek mereka sebagai sesuatu yang sakral.

“Entah Anda merusak merek Anda sendiri di China, atau orang lain akan melakukannya untuk Anda,” katanya.

Starbucks Berjuang untuk Menyusul

Starbucks belajar kesulitan mengubah kebiasaan konsumen China dengan cara yang sulit.

Jaringan kopi ini memiliki sekitar 3.000 toko di negara itu, menjadikannya salah satu pasar teratas mereka. Namun pada bulan Juni, perusahaan melaporkan perlambatan tiba-tiba dalam pertumbuhan di China, hanya beberapa minggu setelah mengumumkan rencana ekspansi cepat di sana.

Itu sebagian karena mendapat persaingan yang semakin ketat dari pesaing lokal. Luckin Coffee membuka toko pertamanya di China kurang dari setahun yang lalu. Sekarang mereka memiliki lebih dari 500 toko. Banyak pelanggan mereka memesan kopi secara online untuk pengiriman atau dibawa pulang. Konsumen China juga semakin beralih ke aplikasi pengiriman, seperti Meituan Dianping, untuk makanan atau minuman.

“Starbucks selalu lambat dalam mengadopsi teknologi di China,” kata Cavender. Pelanggan mereka “bosan menunggu dalam antrian untuk memesan.”

Raksasa kopi global ini kini berusaha memperbaiki langkahnya. Pada Agustus, mereka bermitra dengan Alibaba (BABA), perusahaan e-commerce terbesar China, untuk meluncurkan layanan pengiriman.

Starbucks Reserve Roastery Shanghai
Starbucks membuka toko terbesarnya di dunia di Shanghai tahun lalu. Tahun ini, mereka meluncurkan layanan pengiriman.

Produsen Otomotif Hadapi ‘Tantangan Besar’

Produsen mobil global juga berjuang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan di pasar otomotif China, yang merupakan yang terbesar di dunia. Pasar ini diguncang oleh penyebaran cepat kendaraan listrik, yang telah didukung melalui subsidi pemerintah, menghasilkan pasar yang ramai.

Francois Provost, chairman Asia-Pasifik dari Renault (RNLSY), mengatakan bahwa produsen mobil Prancis ini kini berhadapan dengan persaingan dari pesaing tradisional dan pesaing baru di China. Pemain lokal Nio (NIO), misalnya, menjual SUV di China dengan harga sekitar separuh dari Tesla’s (TSLA) Model X.

Tesla to build factory in China

Harga jual sangat penting di China, kata Provost, karena sebagian besar pelanggan adalah pembeli pertama kali. Tetapi pengemudi juga menuntut kendaraan listrik dengan daya tahan baterai yang lebih lama karena jaringan stasiun pengisian masih sedang dibangun di seluruh negeri.

“Tantangan besar adalah meningkatkan efisiensi jarak tempuh dan mengurangi biaya pengguna pada saat yang sama,” kata Provost selama diskusi panel di World Economic Forum. Ini akan sulit bagi produsen otomotif, katanya: “Saya tidak bisa dengan jujur mengatakan kami memiliki visibilitas penuh tentang hal ini.”

Apple Kehilangan Perlombaan Inovasi

Apple (AAPL) telah kehilangan pangsa pasar di China kepada pesaing lokal selama dua tahun terakhir. iPhone hanya menyumbang kurang dari 10% dari penjualan smartphone di negara itu, perkiraan analis. Di Amerika Serikat, iPhone menyumbang sekitar 40%.

Apple menghadapi persaingan sengit dari pemain China seperti Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Can Chinese smartphone giant Xiaomi survive a trade war?

“Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah turun cukup banyak di pasar China,” kata peneliti Canalys Mo Jia. “Inovasi teknologi yang sangat agresif dari merek-merek China sedang mengubah lanskap high-end.”

Model terbaru perusahaan AS ini, XS dan XS Max, termasuk fitur-fitur yang bisa meningkatkan daya tarik mereka di pasar China, seperti kartu SIM ganda dan layar yang lebih besar. Tetapi analis skeptis bahwa ini akan membuat perbedaan besar.

“Apple sedang berjuang dalam pertempuran yang sedikit merugi,” kata Cavender.

— Sherisse Pham dan Rishi Iyengar berkontribusi pada laporan ini.

CNNMoney (Hong Kong) Pertama kali diterbitkan pada 25 September 2018: 10:23 PM ET

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *